Antisipasi Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

penghargaan kesbangpol penghargaan kesbangpol

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kesbangpol Batanghari terus berupaya mengantisipasi penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian di tengah masyarakat. Salah satu upayanya adalah meningkatkan koordinasi dengan komunitas intelijen daerah (kominda). Dengan demikian pihaknya bisa mencegah segala macam bentuk gangguan sedini mungkin.

“Intinya, untuk mengoptimalisasikan peran penting Pemkab Batanghari dalam mencegah segala macam bentuk gangguan. Dengan cara merencanakan, mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan informasi mengenai potensi, gejala atau peristiwa yang menjadi ancaman stabilitas nasional di daerah,” kata Kasi Penanganan Konflik Kesbangpol Batanghari, Ansori SP usai pertemuan di Gedung BP Paud dan Dikmas Jambi, Kecamatan Muarabulian,Rabu (25/4).

Ancaman yang bisa mengganggu stabilitas daerah harus bisa dideteksi dini. Karena itu diperlukan koordinasi, konsolidasi serta sinergitas yang baik antara masyarakat dan pemda.

“Sehingga terwujudnya koordinasi secara optimal, peringatan dan pencegahan dini langsung kita lakukan,” kata Ansori.

Dari pertemuan ini wawasan dan pengetahuan peserta tentang gangguan stabilitas daerah bertambah. Peserta juga tahu bagaimana mengantisipasinya, sehingga gangguan tersebut tidak sampai mencuat kepermukaan.

“Juga meningkatkan kewaspadaan dan keterpaduan peserta. Sebagai alat untuk mobilisasi birokrasi daerah menjadi bagian dari intelijen,” tuturnya.

Rapat fasilitasi yang dihadiri Sekda Batanghari Bakhtiar, Ketua Kabinda Jambi Mukti Wijayanto, Koordinator Intelejen Kejati Jambi, Susilo, Kabid penangan Konflik Kesbangpol Provinsi Jambi Sigit Eko Yuwono SE ini Kesbangpol Batanghari menerima penghargaan dari Gubernur Jambi selaku ketua tim terpadu penanganan konflik sosial tingkat Provinsi Jambi atas capaian kinerja pelaksanaan aksi terpadu penanganan konflik sosial tahun 2017 peringkat 1 se Kabupaten Batanghari. Penghargaan tersebut diterima langsung Sekda Batanghari Bakhtiar.(zen/dar) : sumber