Rapat Koordinasi FKDM

Rapat Kordinasi FKDM Kesbangpol Batang Hari Rapat Kordinasi FKDM Kesbangpol Batang Hari

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKMD) Kabupaten Batanghari menggelar Rapat koordinasi (Rakor) sekira pukul 09.30 Wib, Senin (22/10). 

Rakor FKMD Batanghari berlangsung di Aula Kantor Kesbangpol Batanghari mengusung tema optimalisasi peran FKDM dalam meningkatkan cegah dini, tangkal dini terhadap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kabupaten Batanghari. 

Pembukaan Rakor dipimpin Wakil Bupati Batanghari Hj. Sofia Joesoef SH yang juga menjabat Dewan Penasehat (Wanhat) FKMD Batanghari. 

Turut hadir Ketua FKMD Batanghari Jasasila ME; Kakan Kesbangpol Batanghari Farizal SH, MH; dan Forkompimda Batanghari. 

Dalam sambutannya Wanhat FKMD Batanghari Hj Sofia Joesoef menyampaikan, dirinya berharap kepada seluruh anggota FKDM dapat memaksimalkan tugas dengan baik. 

“Karena kita tahu pasti bahwa kita menghadapi tahun politik, dan isu isu yang berkembang kurang yang berpihak kepada kita. Kita selaku tim FKDM harus tanggap dan bijaksana  dalam melaksanakan persoalan yang ada di Kabupaten Batanghari," tegas Sofia. 

"Isu yang kita hadapi tentunya tidak lepas dari isu-isu yang lain, berita yang berkembang di media cetak bahwa Pemerintah Batanghari kurang tanggap dalam menghadapi keluarga miskin bahkan foto Bupati dan Wabup sampai terpajang di media," imbuhnya. 

Sofia meminta seluruh elemen FKMD untuk dapat menyikapi persoalan di tengah masyarakat. Khusus FKMD Tingkat Kecamatan, menurut Sofia, tidak ada perlu alasan untuk tidak dapat menyampaikan informasi.  

"Apabila tidak ada biaya itu alasan klasik, tetapi kita dapat memahami dan ini urusuan negara," tuturnya. 

Wanhat FKDM Batanghari meminta seluruh lapisan duduk bersama, sehingga apa yang terjadi di masyarakat bisa diketahui sedini mungkin.

"Tahun ini tahun yang panas, banyak caleg-caleg yang sudah berjalan, namun kita jangan saling memburukkan satu sama yang lain. Kita saling mengingatkan diri demi kerukunan masyarakat di Kabupaten Batanghari," paparnya. 

Sofia berharap kepada Tim FKDM Kabupaten Batanghari dapat bekerja secara maksimal serta dapat melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala permasalahan yang ada.

Ketua FKMD Batanghari, Jasasila ME menerangkan, keberadaan FKDM sudah berjalan hampir 5 tahun. 

Ada beberapa hal yang menjadi catatan dalam rangka kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan deteksi dini. 

"Beberapa waktu lalu menerima laporan dari FKDM Kecamatan, bahwa ada kendala masalah klasik yaitu masalah perusahaan yang ada di wilayah Batanghari,” sebutnya. 

Selain itu, tahun politik 2019 perlu diantisipasi. Keberadaan FKDM diharapkan mampu dapat memberikan kontribusi positif terhadap deteksi dini terhadap kegiatan yang ada.

Kakan Kesbangpol Batanghari menyampaikan bahwa kegiatan Rakor FKMD Batanghari hanya melaksanakan tatap muka. Tanggal 24-25 Oktober 2019, FKDM kembali akan melaksanakan rapat FKDM Tingkat Kecamatan dalam Kabupaten Batanghari. 

"Kegiatan FKDM ini sudah dijalankan dan informasi terkait kejadian/persoalan di wilayah Kabupaten Batanghari telah dideteksi dini. Kesbangpol berharap dukungan penuh perihal kegiatan FKDM dari Wabup Batanghari selaku Dewan Penasehat FKDM," harap Farizal. 

Ansori SP, Kasi Konflik Sosial Kesbangpol Batanghari meminta kepada anggota FKDM Batanghari yang notabene Anggota DPRD Kabupaten Batanghari untuk membantu masalah Anggaran keanggotaan FKDM Kecamatan, yang merupakan jaringan sebanyak 12 orang untuk 1 Kecamatan

Sumber